Pura Ulun Danu Beratan dan Uang Lima Puluh Ribuan

Setelah masuk dan membayar retribusi parkir Rp.2.000,- untuk kendaraan R2, kami menyusuri kompleks Danau Beratan, dan saya mulai mencari-cari di mana persisnya letak Pura Ulun Danu ini. Ah mungkin di balik bangunan ini. Ah mungkin di balik situ. Mungkin di sebelah sana. Area parkir kendaraan di Danau Beratan ini cukup luas.

Area parkir kawasan wisata Danau Beratan, Pura Ulun Danu
Ulun Danu yang selalu berkabut. Abaikan pria berkacamata ya.. 

Saya seperti berada di atas kayangan. Soalnya sedang berada di ketinggian yang lumayan dan di bawah gunung-gunung berkabut. Saking-takjub-senangnya, saya asal nyelonong di pintu masuk dan sempat dipanggil petugas kalau harus bayar karcis masuk Rp.20.000,-/org.


"Berapa orang?" Kata petugas sambil tersenyum super ramah kepada saya.

"Lima orang."

"Jadi Seratus ribu, ya."

Lantas saya mengeluarkan Dua lembar uang 50 ribuan.

"Oke, dapet diskon Dua puluh ribu." Kata petugas yang masih dengan senyumannya sedari tadi.

Saya membalas senyum bapak petugas tersebut tak kalah ramah-saya sudah punya pacar pak.

Kompleks Pura Danau Beratan.
Kompleks Pura Danau Beratan.

Saya masih tak tahu kenapa saya diberikan diskon. Mungkin karena kami adalah turis lokal dengan jumlah 5 orang, atau karena saya mengeluarkan uang pecahan 50 ribuan yang terdapat gambar ikon wisata Bedugul ini.

Pura Ulun Danu dan uang lima puluh ribuan.
Pura Ulun Danu dan uang lima puluh ribuan.

Di dalam kompleks, terdapat Lima pura dan Satu buah stupa. Ada Pura Penataran Agung, Pura Dalem Prajapati, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak, dan Stupa Budha. Silakan kunjungi situs resmi Ulun Danu Beratan untuk informasi lebih detail, serta info tanggal-tanggal perayaan setiap tahunnya.

Udara di Danau Beratan benar-benar sejuk. Bersih. Jangan segan untuk menghirupnya dalam-dalam. Berikan paru-paru kalian hadiah liburan yang menyehatkan.

Turis asing berfoto dengan latar danau dan pura ulun danu.
Turis asing berfoto dengan latar danau dan pura ulun danu.

Sebenarnya saya masih ingin berlama-lama menikmati udara di Danau Beratan ini. Tapi kami masih harus singgah ke Tanah Lot. Dan ada satu hal yang saya sesali saat di danau Beratan ini, yaitu melewatkan kesempatan membasuh muka dengan air danau yang dingin menyegarkan. Kali aja bisa bikin muka awet muda dan cerah berseri. Entah diperbolehkan atau tidak, saya juga belum sempat menanyakan hal ini ke petugas.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Pura Ulun Danu Beratan dan Uang Lima Puluh Ribuan"

  1. Oh jadi selera mu bapak2 gitu yaaaa #Kabur

    ReplyDelete
  2. Replica Audemars Piguet Watches, combining elegant style and cutting-edge technology, a variety of styles of Replica Audemars Piguet royal oak chronograph Watches, the pointer walks between your exclusive taste style.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar. Komen dong! Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar, ya!